WELCOME IN MY BLOG YOU WILL HAPPY

Selasa, 17 Januari 2012

Ban Radial Ternyata Bisa Menghemat BBM


Michelin telah melakukan tes-tes perbandingan pada truk yang mengganti ban Bias dengan ban teknologi radial dari Michelin dan diperoleh hasil efisiensi penggunaan bahan bakar dapat dicapai sebesar 9% dengan memakai teknologi radial.

Selama tiga hari tes, dua truk yang identik sama melaju - satu truk menggunakan ban Bias dan satunya menggunakan ban teknologi radial dari Michelin dan jumlah bahan bakar dan tekanan ban telah diperiksa oleh notaris untuk memastikan persamaan truk, kecuali pada ban yang dipakai.

Tes ini memakai metodologi komparatif yang jelas untuk menghilangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan, seperti berat kendaraan, pelatihan pengemudi truk, kecepatan, dan keadaan lalu lintas.

Kedua truk akan melaju dengan rute dan waktu yang sama pada jarak lebih dari 120 km dalam keadaan jalan dan lalu lintas yang normal di Indonesia.

"Tes kita, dilakukan dengan aturan-aturan yang jelas telah mendemonstrasikan keunggulan penghematan bahan bakar dengan teknologi radial dari Michelin dibanding teknologi Bias," ujar Mr. Andre Bonnet, Chief Representative dari kantor Michelin Indonesia.

Michelin telah melakukan penelitian memakai asumsi satu juta truk dan bus yang sekarang memakai ban Bias beroperasi dengan radius 100 km di area Jakarta. Dengan perkiraan biaya operasional Rp 130 juta per truk yang menggunakan ban Bias, penghematan bahan bakar per truk berdasarkan hasil tes dapat dicapai lebih dari Rp. 11 juta. Dengan asumsi satu juta truk dan bus yang terdapat di area Jakarta, teknologi radial dari Michelin secara potensial dapat mengurangi biaya penggunaan bahan bakar sebesar Rp. 11 trilliun!

Ban radial Michelin juga dibuat lebih kokoh dan dibuat sedemikian rupa sehingga waktu pemakaiannya bisa lebih dari dua kali waktu pemakaian ban Bias, pemakaian teknologi radial juga berarti berkurangnya polusi dan hematnya penggunaan bahan baku di Indonesia.

"Sejalan dengan kebutuhan mendesak dari pemerintah Indonesia dan para pengusaha jasa angkutan untuk mengurangi biaya pemakaian bahan bakar, pemakaian ban Radial untuk kendaraan truk dan bus terbukti dapat dengan singnifikan mengurangi biaya bahan bakar," ujar Bonnet.

Tes yang sama telah dilakukan oleh Michelin di Cina, Thailand dan India, dan penghematan bahan bakar yang terjadi berkisar antara 6%-10%.

Michelin adalah penemu dari teknologi radial, dan akan terus menjadi innovator dalam hal mobilitas dan penghematan bahan bakar untuk para konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar