WELCOME IN MY BLOG YOU WILL HAPPY

Selasa, 17 Januari 2012

MASALAH UMUM PADA BAN KITA

Berikut adalah masalah paling umum berkaitan dengan keausan ban. Untuk penjelasan singkat, silahkan klik tanda / gejala awal yang menyerupai dengan masalah yang anda alami pada ban anda.
1.      Aus pada kedua bagian pinggiran ban : Kurang tekanan angin
2.      Aus pada bagian tengah ban : Kelebihan tekanan angin
3.      Aus pada bagian salah satu pinggiran ban : Masalah alignment / spooring
4.      Aus yang bergelombang : Masalah alignment / spooring
5.      Apakah permukaan telapaknya bergelombang atau terlihat seperti bulu sayap burung ? Ini disebabkan oleh tekanan yang tidak beraturan antara telapak ban dengan jalan. Solusinya adalah perbaikan alignment / spooring toe-in atau toe-out.
6.      Telapak yang habis terparut : Kerusakan mekanik
7.      Aus pada kedua bagian pinggiran ban : KURANG TEKANAN ANGIN Jika ban terlihat seperti ini maka bisa jadi karena kurang tekanan angin. Musuh nomor satu ban adalah jika ban kekurangan tekanan angin sehingga dapat mengurangi umur ban karena cepat ausnya ban pada sebelah sisi luar / bahu ban. Juga dapat menyebabkan meningkatknya temperatur yang berlebihan sehingga mengurangi kekuatan ban. Dan juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros karena meningkatnya rolling resistance (ban yang kempes menjadikan mobil lebih berat untuk melaju). Periksalah tekanan angin ban secara teratur. Keausan ban yang tidak normal dapat juga diakibatkan oleh kesalahan alignment / spooring atau kerusakan mekanis lainnya. Kunjungi Sentraservis atau pusat penjualan resmi Goodyear untuk mendapatkan servis pemeriksaan dan perbaikan.
8.      Aus pada bagian tengah ban : KELEBIHAN TEKANAN ANGIN Jika ban kelebihan tekanan angin maka bagian tengah telapak ban akan paling banyak menerima gesekan dan tekanan sehingga akan lebih cepat aus dibandingkan bagian sisi samping ban. Keausan tidak merata akan mengurangi umur ban. Keausan ban yang tidak normal dapat juga diakibatkan oleh kesalahan alignment / spooring atau kerusakan mekanis lainnya. Kunjungi Sentraservis atau pusat penjualan resmi Goodyear untuk mendapatkan servis pemeriksaan dan perbaikan.
       9. Telapak yang habis terparut : Kerusakan mekanik Ban yang habis terparut biasanya terjadi pada ban depan, namun bisa terjadi pula pada ban belakang. Hal tersebut menandakan kalau roda mobil anda tidak seimbang atau terjadi kerusakan sistem kemudi dan suspensi. Kunjungi Sentraservis atau pusat penjualan resmi Goodyear untuk mendapatkan servis pemeriksaan dan perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar